DI PPTI MALALO DISELENGGARAAN SHALAT KUSUF MATAHARI

Rabu, 9 Maret 2016 M/ 29 Jumadil Awal 1437 H
Reporter: M. Kamil Alhakimi

PPTI Malalo –  Seperti yang tertera di dalam surat yang dikirim oleh Kemenag Kab. Tanah Datar kepada Buya Karim selaku Ketua MUI Kec. Batipuh Selatan, BMKG memprediksi pada tanggal 9 Maret gerhana matahari dapat dilihat di daerah Kab. Tanah Datar, Sumbar. Pagi Rabu ini (09/03/2016), para guru dan santriwan & santriwati PPTI Malalo menyelenggalarakan Shalat Sunnah Kusuf Matahari di dalam komplek pesantren, Mushalah Raudhatul ‘Ibadah dan ikut juga bersama penduduk setempat yang berdekatan dengan pesantren. Diluar itu, gerhana matahari ini bertepatan tejadinya dengan hari libur karena tanggal merah, tidak ada PBM.

Gerhana matahari baru terlihat dari tepi Singkarak pada jam 06.45 WIB, walaupun tidak terlihat tertutup secara total, Engku Lasrkar langsung mengumumkan kepada seluruh santri pakai MIC Mushallah agar bersiap-siap untuk melaksanakan Shalat Kusuf Matahari. Sebelum penyelenggaraan Shalat dilaksanakan, Ustadz Zulmas mengingatkan kembali tata cara pelaksanaan Shalat Kusuf kepada hadirin.

Shalat dimulai tepat pada pukul 07.10 WIB secara berjama’ah, yang diimami oleh Ustadz Neri Yusmardi S.H.I. Shalat dua raka’at dengan menjahar. Kemudian dilanjutkan dengan khotbah kusuf matahari oleh Ustadz Zulmas S.Pd.I (Kepala Tk. Aliyah). Selesai pada pukul 08.15 WIB.

Dalam khotbah, khatib menyampaikan bahwa gerhana matahari ini hanya terjadi setiap 33 tahun sekali paling cepat. Ini merupakan salah satu ayat Tuhan, kekuasaan Allah. Dengan begini, agar ia selalu ingat akan kebesaranNya, dan senantiasa selalu memperbanyak bertaubat kepada Allah atas segala dosa khilaf kita.  TIMER

Tidak ada komentar untuk "DI PPTI MALALO DISELENGGARAAN SHALAT KUSUF MATAHARI"