Rabu Akhir Safar Hari Turun Bala Terbanyak

Oleh: M. Kamil Alhakimi

Foto Buya Karim dan Angku Datuak

Rabu terakhir Bulan Shafar menurut ulama ahlu kasyaf, merupakan hari diturunkannya banyak bala' atau bencana, ada yang menyebut 70.000 hingga 300.000 macam bala'.

Buya Karim (guru saya) kata, sebagaimana yang disampaikan oleh Almarhum Buya Labai Sati (guru dari Buya Karim), bahawa pada Rabu Akhir Safar ini seandainya dijatuhkan jarum niscaya tidak akan sampai ke tanah - saking banyaknya bala' yang turun.

Menurut beberapa pendapat ulama, Sayyina Nabi Muhammad SAW yang seumur hidup tidak pernah sakit, pada hari Rabu terakhir Bulan Shafar tiba-tiba jatuh sakit dan akhirnya wafat pada Bulan Maulud/Rabiul Awwal. Itulah sebagian alasan mengapa sebagian para ulama menganjurkan memperbanyak ibadah di hari Rabu terakhir Bulan Shafar.

Yang perlu diketahui, amalan Rabu Akhir Safar ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah maupun para shahabat. Namun tidak jadi masalah bila diniatkan sebagai ibadah tambahan, bukan pengkhususan hari. Jadi kalau ada yang bilang bid'ah ya memang, tapi bid'ah hasanah dengan niat mengharap Rahmat Allah 'Azza wa Jalla.

Saya kutip dari tulisan Mbah Fahmi Ali N H, beliau juga mengutip dari kitab Kanzun Najah karya Mbah Yai Abdul Hamid Qudus, ada beberapa amalan yang perlu dilakukan di malam Rabu terakhir Bulan Shafar.
Yang pertama adalah shalat. Shalat yang dilakukan adalah sholat sunnah hajat, hajatnya menolak balak dan dianugerahi rahmat.

Amalan yang kedua adalah membaca surat Yasin.Lalu berdoa minta diangkat segala kegelisahan dan kecemasan akan permasalahan dunia dan lainnya, misal diangkat penyakit yang diderita. Meminta kepada Allah kesehatan dan keselamatan. Lalu baru surat Yasin tadi dilanjutkan hingga selesai.

Yang ketiga sesuai dengan anjuran Nabi, bersedekah. Bisa juga dengan mengeluarkan zakat mal yang sudah jatuh nishobnya. Pokoknya segala macam sedekah itu bisa, karena hal itu merupakan penolak bala'.

Nah, semua itu dilaksanakan dengan niat mengharap rahmat Allah dan dijauhkan dari segala macam bencana. Syukur-syukur harapannya jadi kebiasaan yang dilakukan sesering mungkin. Bukan cuma setahun sekali ketika Rabu Akhir Safar saja.

Semoga bermanfaat.
# LoveUlama # LoveBidahHasanah

Tidak ada komentar untuk "Rabu Akhir Safar Hari Turun Bala Terbanyak"